CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 12 Maret 2010

Motherboard

Beberapa produsen motherboard seperti Intel, Asus, Iwill, Abit dan masih banyak yang lainnya memproduksi. Motherboard menggabungkan seluruh komponen PC, mulai dari prosesor, memory, sound card, I/O, dsb. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan motherboar itu ? Dari namanya sudah jelas motherboard adalah ibu, atau disebut juga dengan mainboard adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah Proses DIvice. Fungsi motherboar secara keseluruhan adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain, seperti Processor, Memori, VGA Card, dll.

Komponen-komponen Motherboard

 S ocket Processor

Socket Processor berfungsi untuk menancapkan Processor ke motherboard.

Ada beberapa jenis, contohnya: DIP (40 pin) untuk processor 8088/8086, soket 3 (168 pin) untuk processor 486, soket 5 dan 7 (321 pin) untuk processor Pentium, socket 8 (371 pin) untuk processor Pentium Pro, slot 1 untuk PentiumII, slot A untuk AMD K7.

 C hipset

Cipset berfungsi untuk mengontrol motherboar secara keseluruhan. Frekuensi bus, jenis processor, slot ekspansi dan kapasitas memori juga amat bergantung pada chipset. Ada beberapa produsen chipset yaitu OPTI, UMC, Ali (ACER Laboratories Inc), iS, VIA dan tentunya si raja chip Intel Corp. Untuk chip Intel ada berberapa contoh seperti :

 i430FX (Triton I), i430HX (Triton II), i430VX (Triton III), i430TX, semuanya mendukung socket 5/7

 i450GX (Orion), i450KX (Mars) mendukung Pentium Pro

 i440FX (Natoma), i440BX, i440GX, i440NX mendukung PentiumII

 S lot RAM

Slot RAM adalah slot yang digunakan untuk menancapkan memori.

Terdapat beberapa jenis diantaranya DIP, 30 pin, 72 pin, dan 168 pin

S lot Ekspansi

Slot ini berfungsi untuk menempatkan peralatan tambahan yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara peralatan input / output dengan mothetboard, misalnya VGA Card, Soun Card, Modem, dll.

Ada beberapa jenis slot ekspansi:

 ISA (Industri Standard Architecture) 8 bit dan 16 bit

 EISA (Extended ISA) 32 bit 32-bit

 VESA 32-bit

 MCA (Micro Channel Architectur) 32 bit

 PCI (Peripheral Component Interconnect) 32 bit

 AGP (Accelerated Graphic Port) 64 bit

 CNR (Communication and Network Riser)

 VL-Bus (VESA Local Bus) 32 bit

 Port IDE, FDD Serial dan Paralel

Port ini digunakan untuk pemasangan Hard Disk (IDE Port), Floppy disk drive (FDD Port) dan sarana komunikasi dengan perangkat lain ( Serial Port) serta untuk pemasangan printer dan scanner (Paralel Port atau LPT Port)

 BIOS (Basic Input Output System)

BIOS berfungsi untuk menginisialisasi dan mengkonfigurasi peripheral utamanya dalam proses input dan output. Kedudukan BIOS berada diantara perangkat keras dan Sistem Operasi computer (Windows, DOS, Linux, OS/2, dll). Semua perintah yang berasal dari system operasi, misalnya menulis ke disket atau membaca CDROM, ditampung dulu oleh BIOS.

 Slot Power

Secara garis besar, slot power supply yang biasa digunakan terbagi 2 jenis, yaitu AT dan ATX, yang berfungsi untuk membagi arus.

Memory

Secara garis besar, memori dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :

1. First Level (L1) Cache

Memori yang bernama L1 Cache ini adalah memori yang terletak paling dekat dgn processor (lebih spesifik lagi: dekat dengan blok CU [control unit]).Penempatan Cache di processor dikembangkan sejak PC i486. Memori ditingkat ini memiliki kapasitas yang paling kecil (hanya 16 Kb), tetapi memiliki kecptan akses dalam hitungan nanodetik (sepersemilyar detik). Data yg

berada di memori ini adalah data yang paling penting dan paling sering akses. Processor AMD Athlon memiliki cache L1 sebesar 128 Kb.

2. Second Level (L2) Cache

Memori L2 Cache ini terletak di motherboard (Lebih spesifik lagi : modul COAST: Cache On A Stick. Bentuk khusus dari L2 yang mirip seperti memori module yang dapat di ganti-ganti tergantung motherboard) penempatan L2Cache ini banyak digunakan pada motherboard 486 atau Pentium klasik.Akan tetapi ada juga yang terintegrasi langsung dengan motherboard, ada juga yang terintegrasi dengan processor module. Kapasitas L2 lebih besar dari L1 cache ukurannya besar antara 128 kb -2 mb ache memiliki kecepatan akses yang lebih lambat dibandingkan dengan L1 chace.

3. Memori Module

Memori yang biasa terlihat dipasang pada motherboard adalah memori modul trsbt. Memori module ini memiliki kapasitas yang berkisar antara 4Mb –512 Mb. Kecepatan aksesnya juga berbeda, ada yang berkecepatan 80 ns, 60ns, 66 MHz (15ns), 100 MHz (10ns), 133 MHz (7,5 ns) dan saat ini telah ikembangkan 200 dan 400 MHz.Memori module ini terbagi atas 2 bagian, yaitu a. SIMM (Single In-Line Memory Module)

Single pada SIMM ini dimaksudkan dalam penomoran pin. Pada

penampakan fisiknya, pin dan pin yang berada tepat dibaliknya memiliki

nomor yang sama.

SIMM dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah pin, yaitu :

_ 30 pins

- Pertama kali dibuat dalam modul 8 FPM (Fast Page Mode), yang

memiliki kecepatan 80 ns

- Maksimal bandwidth (lebar jalur data) : 176 Mb/sec

_ 72 pins

- FPM yang berkecepatan 70 ns

- EDO (Extended Data Output) yang berkecepatan 60 ns, maksimal

bandwidth 264 Mb/sec

b. DIMM (Dual In-Line Memori Module)

Dual berarti kedua sisi dari penampakan fisik ini menunjukkan bahwa duabuah sisi menjalankan sekuens proses masing-masing, namun masihmendukung satu proses utama yang sama.

Menurut proses pembuatannya, DIMM menggunakan sistem DRAM(Dynamic RAM).

Sistem DRAM ini juga mengalami berbagai perkembangan, antara lain:

_ Synchronous DRAM (SDRAM). Jenis DRAM ini memperbaiki kecepatan

akses data yang tersimpan. Modul EDO RAM dapat dibawa kekecepatan tertinggi 75 MHz, sedangkan SDRAM dapat dibawa kekecepatan 100 MHz pada sistem yang sama. SDRAM ini juga dapatdikembangkan lebih jauh, diantaranya :

_ PC 100 RAM, yaitu SDRAM yang dikembangkan untuk sistem bus100 MHz

_ PC 133 RAM, yang merupakan SDRAM untuk sistem bus 133 MHz

_ ECC RAM (Error Checking and Correction RAM), yang merupakan

SDRAM untuk kebutuhan server yang memiliki kinerja yang berat.

Jenis SDRAM ini dapat mencari kerusakan data pada sel memori

yang bersangkutan dan langsung dapat memperbaikinya.

_ Burst EDO RAM (BEDO RAM) adalah jenis EDO yang memilikikemampuan Bursting, semula dikembangkan untuk menggantikanSDRAM, tetapi karena prosesnya yang asinkron dan hanya terbatassampai 66 MHz, praktis BEDO RAM ditinggalkan.

_ Rambus DRAM (RDRAM) dikembangkan oleh RAMBUS Inc. RDRAM inimemiliki jalur data yang sempit (8 bit) tetapi keinierjanya tidak dapatdiungguli oleh DRAM jenis lain karena memiliki Memori Controller yangdipercanggih. Tentunya hanya motherboard yang mendukung RAMBUSsaja yang bisa memakai DRAM ini, seperti Motherboard untuk AMD K7

Athlon.

_ SyncLink DRAM (SLDRAM) dibuat karena untuk memakai RDRAM iniharus membayar royalti kepada RAMBUS Inc. Hal ini dirasakan sangatmahal bagi pengembang motherboard. Dengan kecepatan 200 MHz,dan bandwidth maksimum 1600 Mb/sec cukup untuk mengkanvaskanperkembangan RAMBUS DRAM

_ Double Data Rate RAM (DDRAM) dikembangkan karena kebutuhantransmisi data sangat tinggi.

4. Expansion Card

Expansion card adalah card-card tambahan yang terpasang pada komputer danmemiliki berbagai fungsi. Contoh card-card yang sering digunakan adalah :

1. VGA Card

VGA Card berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output yangberupa data ke monitor, agar dapat ditampilkan oleh monitor. Peningkatankualitas CPU secara keseluruhan juga amat bergantung kepada jenis VGAcard yang digunakan. Jika komputer hanya digunakan sebatas dokumenpengolahan data, operasi pada spreadsheet atau untuk “surfing” internet,jenis dan kualitas VGA yang “biasa-biasa saja” sudah memadai. Tetapi jikakomputer banyak digunakan untuk aplikasi 3D berat atau bermain gamedengan kualitas gambar yang tinggi, maka kualitas VGA card mutlakdiperlukan.Beberapa faktor yang perlu diperhatikan pada saat memilih sebuah videocard adalah :

a. RAMDAC

RAMDAC adalah sebuah chip yang mengkonversikan grafik PC kedalamsinyal analog merah, hijau, biru, yang digunakan oleh monitor. Semakincepat RAMDAC dari sebuah kartu grafis, semakin halus gambar yangdihasilkan (semakin bagus kualitasnya).

b. Accelerator chip

VGA Card yang dilengkapi dengan accelerator chip akan meringankanbeban processor. Usahakan accelerator yang digunakan mendukung 32bit.

c. Type Bus

Ada 4 type bus yang biasa digunakan oleh VGA card, yaitu ISA, VL-bus,PCI dan AGP. Type bus yang saat ini populer adalah type bus slot AGPkarena memiliki daya akselerasi lebih cepat dan sempurna untukdigunakan oleh game-game dan gambar 3D.

d. Video Memori

Secara prinsip, semakin besar video memori, semakin cepat gerakananimasi yang dihasilkan dan termasuk meringankan beban processoruntuk memproses grafik yang berat. Di pasaran, tersedia slot AGP videocard dari 4 MB, 8 MB, 16 MB, 32 MB sampai dengan 64 MB

2. Sound Card

Sound card berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yangkemudian diteruskan kepada speaker. Sound card juga dapat digunakansebagai alat input untuk Joystick yang digunakan untuk bermain game.Perkembangan sound card juga semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Saat ini sound card bukan hanya digunakan untuk bermain game, tetapi jugamenyemarakkan aplikasi-aplikasi multimedia, seperti ensiklopedia, programpendidikan dan pengajaran dan program presentasi. Bahkan saat ini soundcard dapat dimanfaatkan untukpenggunaan komunikasi seperti telepon VoIP (Voice over Internet Protocol),Teleconverencing dan lain-lain. Secara umum, pemilihan sound cardbergantung pada kemampuan pemrosesan suara (16 bit atau 32 bit), jenissuara (analog atau digital) dan support terhadap speaker (stereo atausurround).

3. NIC (Network Interface Card)

NIC atau biasa disebut card LAN (Local Area Network), saat ini telah menjadisuatu peralatan standard, khususnya bagi pendidikan dan perkantoran yangtelah menerapkan sistem jaringan sebagai salah satu upaya pemberdayaankomputer secara menyeluruh. Fungsi card LAN atau NIC adalah untukmenghubungkan antara dua atau lebih komputer agar komputer-komputertersebut dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

4. TV / Radio Tuner

Menonton televisi dan mendengarkan radio saat ini juga dapat dilakukandengan menggunakan komputer. Cukup dengan menambahkan TV dan Radiocard dan menghubungkan card tersebut dengan antena televisi maupunradio.

5. MPEG Card

Untuk komputer-komputer generasi ketiga dan keempat, dimana memilikiketerbatasan dalam sumber daya VGA Card, dapat menggunakan card iniuntuk tetap dapat menikmati film kesayangan mereka

5. Memori Eksternal (Storage Device)

Memori eksternal berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secarapermanen (tidak seperti memori internal, dimana data dapat hilang apabila catudaya ke komponen tersebut diputuskan). Media penyimpan ini terbagi atas :

1. Floppy Disk

Secara fisik, floppy yang saat ini sering digunakan terbagi atas 2 jenis, yaitu

5,25 inchi dan 3,5 inchi , dimana masing-masing ukuran memiliki 2 typekapasitas,yaitu Double Density (DD) dan High Density (HD)Disket diputar pada kecepatan 300 rpm (Double Density) atau 360 rpm (HighDensity). Sewaktu disk berputar, head dapat bergerak keluar atau ke dalam

sekitar 1 inchi, menulis sekitar 40 atau 80 track.Floppy Disk 5,25 inchi

Karakteristik Double Density High Density

Lebar Track 0,330 mm 0,160 mm

Track per inchi 48 96

Koersivitas 300 oersted 600 oersted

Bytes per sector 512 512

Sector per track 9 15

Track per side 40 80

Side 2 2

Kapasitas 360 Kbytes 1,2 Mbytes

2. Hard Disk

Hard Disk memiliki prinsip kerja yang sama dengan Floppy Disk dan jugamemiliki fungsi sebagai penyimpan data. Yang membedakan antara Hard Diskdan Floppy Disk adalah bentuk fisik dan kapasitas penyimpanan data sertakecepatan aksesnya. Sesuai dengan namanya (Hard yang berarti Keras),media penyimpanan data dalam hard disk menggunakan media logam dandapat terdiri dari beberapa plat sehingga mampu menyimpan data yang lebihbanyak. Kapasitas penyimpanan hard disk rata-rata adalah 120 MByte sampaidengan 100 Gbyte.

3. CDROM

Media penyimpanan semakin hari mengalami kemajuan dengan amat pesat.Dengan CDROM ini, besar data yang mampu dimasukkan menjadi berkali-kalilipat dibandingkan dengan floppy. Juga daya tahan media ini lebih baikdibandingkan dengan floppy. Jenis CDROM bergantung kepada kecepatanputarnya, misal : CDROM 12 x berarti memiliki kecepatan putaran 12 xkecepatan putar floppy.Saat ini CDROM juga telah mampu merekan ke dalam format CD dan biasadisebut dengan CD RW (Read-Write).

0 komentar: