CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 15 Januari 2010

10 Istilah yang sering digunakan dalam Jaringan Komputer adalah:
NIC (baca: nick), singkatan dari Network Interface Card dan dikenal juga sebagai LAN Adapter. NIC digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan.
IP Address, adalah sistem pengalamatan dalam jaringan. IP address memungkinkan sebuah komputer untuk mengirimkan data ke komputer lain dalam jaringan.
Media, merupakan media fisik yang digunakan untuk mentranmisikan sinyal komunikasi. Contoh: kabel UTP, kabel Fiber Optic, frekuensi radio (RF).
Protocol, merupakan aturan/prosedur yang digunakan oleh komputer dalam berkomunikasi. Contoh: FTP mengatur bagaimana transfer file dari sebuah komputer ke komputer lain.
IOS (Internetwork Operating System), merupakan Operating System yang digunakan oleh Cisco router/switch.
LAN (Local Area Network), merupakan jaringan kecil dalam satu wilayah terbatas secara geografis, misal dalam satu gedung atau komplek.
WAN (Wide Area Network), merupakan jaringan yang menghubungkan banyak LAN dalam area geografis yang sangat luas.
Physical Topology, merupakan topologi secara fisik bagaimana peralatan jaringan terhubung satu sama lain.
Logical Topology, merupakan topologi secara logic yang menggambarkan bagaimana jalur sinyal komunikasi mengalir dari satu komputer ke komputer yang lain.
Bandwidth, merupakan jumlah besaran informasi yang dapat mengalir pada koneksi jaringan dalam satuan waktu. Contoh: 100 Mbps.

0 komentar: